Sejarah SMAN 1 Jonggat

By SMAN 1 Jonggat 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

Setiap sekolah pasti memiliki sejarah pada saat didirikan. Demikian pula SMA Negeri 1 Jonggat. Mulai dari belum memiliki gedung sendiri sampai berkembang seperti sekarang.

Kecamatan Jonggat sebagai pintu masuk Kabupaten Lombok Tengah dan berada pada daerah perbatasan dengan Lombok Barat berpeluang besar menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakatnya. Untuk menjawab tuntutan masyarakat Lombok Tengah khususnya masyarakat Jonggat maka diprakarsailah berdirinya SMA Negeri yang pada saat itu masih menumpang di gedung SMA Negeri 2 Praya selama satu  tahun dan sebagai filial dari SMA Negeri 2 Praya.

Kemudian pada awal tahun 1985 menumpang di SDN 1 Ubung selama satu semester. Pada tahun yang sama keluarlah SK Kakanwil Depdikbud Propinsi Nusa Tenggara Barat tanggal 25 November  1985 No. 79/SK/B III tentang peresmian SMA Negeri 1 Jonggat dan Keputusan ini menyatakan bahwa SMAN 1 Jonggat berdiri tanggal 25 November  1985.

Seiring perjalanan waktu, SMAN 1 Jonggat yang juga pernah bernama SMUN 1 Jonggat serta popular juga disebut SMA Ubung,  Pernah sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Berdiri kokoh pada areal± 3 ha, dan hampir seluruhnya telah berfungsi baik sebagai ruang belajar maupun sebagai sarana olah raga. Kini sekolah kita memiliki 27 ruang belajar, 5 ruang laboratorium (Bahasa, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer/Internet), 1 ruang perpustakaan. 1 Aula sebagai pusat kegiatan, 1 ruang BP/BK, 1 ruang OSIS, 1 ruang UKS, sedangkan fasilitas olah raga yang tersedia ; lapangan bulu tangkis/sepak takraw, lapangan bola volley putra/putri, lapangan bola basket, bak lompat (tinggi dan jauh). Sebuah fasilitas ibadah (musholla) yang kurang cukup untuk menampung seluruh siswa sehingga sekolah memiliki rencana mengembangkan aula sebagai sarana imtaq bagi siswa yang beragama Islam. Pendukung lain tersedianya 2 buah tempat parkir sepeda/sepeda motor khusus untuk para siswa dan 1 buah tempat parkir khusus untuk guru-guru. Selain itu tersedianya WC dan kamar mandi sebanyak 8 buah khusus untuk siswa dan 4 buah khusus untuk guru dan TU dengan kondisi yang cukup bersih dan sehat.

Di bidang kegiatan ekstrakurikuler sekolah kita cukup aktif dalam kegiatan maupun prestasi hal ini terbukti dengan banyaknya deretan piala, vandel dan piagam penghargaan yang berjejer rapi di dalam etalase piala di ruang kepala sekolah. Raihan prestasi yang paling monumental adalah keberhasilan tim Basket SMAN 1 Jonggat menjadi Juara pada Development Basket League (DBL) Jawa Post Tingkat Nasional- Regional untuk yang ke empat kalinya pada Januari 2011 lalu, sebuah prestasi yang membanggakan karena tidak ada sekolah peserta DBL  di seluruh Indonesia yang mampu meraih gelar sampai empat kali apalagi diperoleh secara berturut-turut.

SMANSA Jonggat senantiasa melalukan berbagai terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan khususnya di SMAN 1 Jonggat. Semua langkah padu itu bermuara agar sekolah kita lebih mampu menyiapkan generasi muda pelajar yang beriman, taqwa, intelektual, handal, pantang menyerah, bertanggung jawab, memiliki kompetensi dan daya saing dalam mengisi kemerdekaan bangsa dan negara dan terlebih untuk daerah kita tercinta.

 

Sejak berdiringnya 27 Tahun yang lalu SMAN 1 Jonggat pernah dipimpin oleh 8 Kepala Sekolah hingga saat ini, antara lain  :

 

1.

Drs.Iwan Mulyawan

1985 – 1990

 

2.

Serandi, BA (Alm.)

1990 – 1999

 

3.

H.Lalu Muh.Subki, S.Pd., M.Pd.

1999 - 2004

 

4.

H.Muh.Arsil, S.Pd., M.Pd.

2004 – 2009

 

5.

H.A.Lata Suradi, M.Pd

2009 – 2010

 

6.

Drs.H.Wildan HS., M.Pd.

2010 – 2012

 

7.

H.A.Lata Suradi, M.Pd.

2012 – 2018

 

8.

H. Andap, S.Pd., M.Pd

2018- Sekarang