SMAN 1 Jonggat Berhasil Menyelenggarakan UNBK 2018
Prestasi Penting Jujur yang Utama

By SMAN 1 Jonggat 18 Apr 2018, 13:51:04 WIB Kegiatan Sekolah
SMAN 1 Jonggat Berhasil Menyelenggarakan UNBK 2018

Gambar : Siswa SMAN 1 Jonggat menjawab soal


SMA Negeri 1 Jonggat merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018. Penilaian yang berbasis elektronik ini berhasil dilaksanakan tanpa ada hambatan yang berarti. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama seluruh elemen civitas akademika SMA Negeri 1 Jonggat. Termasuk kerja sama dengan pihak pengawas UNBK yang berasal dari sekolah lain.

Beberapa kekhawatiran yang dapat menghambat UNBK adalah Pertama, kekurangan komputer sebagai sarana utama ujian. Hal ini telah dilaporkan ke pihak pemerintah dan telah direspon dengan diberikan bantuan komputer sejumlah 23 unit komputer. Walaupun demikian, diharapkan ada bantuan lebih lanjut untuk menambah beberapa kekurangan dan mengganti beberapa komputer yang tidak layak pakai masih tetap dipaksakan untuk digunakan dalan UNBK. Kedua, pernah tejadi terputusnya koneksi internet yang membuat para siswa menjadi gaduh. Tetapi itu tidak berlangsung lama, sehingga para siswa dapat melanjutkan pekerjaannya. Ketiga, keluhan dari pengawas UNBK atas panasnya di dalam ruangan tempat UNBK, lebih-lebih pada pukul 11 siang ke atas. Ini merupakan masukan dari pengawas luar bahwa SMAN 1 Jonggat harus mengganti kipas angin atau memasing AC agar kenyamanan ujian dapat dipertahankan hingga akhir.

Patut disyukuri bahwa SMAN 1 Jonggat mendapat kunjungan kehormatan dari Kementrian Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) khusus untuk memantau pelaksanaan UNBK. Selain SMAN 1 Jonggat, sekolah yang dikunjungii Kementrian dari PSMA adalah SMAN 1 Narmada. Tidak kurang dari 10 kunjungan pihak luar untuk memantau pelaksanaan UNBK 2018 di SMA Negeri 1 Jonggat. 

Siswa SMAN 1 Jonggat telah berhasil melaksanakan soal-soal ujian. Mereka telah melaksanakannya dengan penuh percaya diri. Walaupun di beberapa daerah beberapa siswanya mengeluh atas sulitnya soal yang mereka hadapi, tetapi itu tidak menyurutkan siswa SMAN 1 Jonggat untuk terus berjuang dan menjawab dengan sungguh-sungguh dan jujur. Ini sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, "Prestasi Penting Jujur yang Utama"

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment