Kerja Sama SMAN 1 Jonggat dengan LPPNTB

Bagikan artikel ini ke:

Jonggat-Pada hari Selasa tanggal 29 Desember 2020, kepala SMA Negeri 1 Jonggat telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (mou) dengan direktur Lembaga Pengembangan Pendidikan Nusa Tenggara Barat (LPPNTB). Penandatangannya dilakukan di kantor LPPNTB jalan Catur Warga 29 Mataram Barat, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, NTB.

Kerja sama SMA Negeri 1 Jonggat dengan LPPNTB sangat penting untuk memanfaatkan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Kedua belah pihak secara maksimal diharap lebih berhasil dalam membina dan meningkatkan serta mengembangkan mutu pendidikan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerja sama ini meliputi pertukaran pendidikan, pelatihan dan pendampingan yang melibatkan guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat yang lebih luas.

Dalam salah satu item nota kesepahaman, kerja sama ini akan diawali dalam bentuk pendampingan dan peningkatan kemampuan Test of English as a Foreign (TOEFL) dan International English Testing System (IELTS) bagi peserta didik, guru dan tenaga kependidikan. Hal ini dilakukan dalam upaya mempersiapkan peserta didik, guru dan tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sekolah dengan bantuan LPPNTB mendorong guru, tenaga kependidikan dan peserta didik SMA Negeri 1 Jonggat agar memiliki peningkatan kompetensi menjadi lebih unggul yang akan memberikan implikasi lebih berhasil dalam membina dan meningkatkan serta mengembangkan pembelajaran. Kebutuhan peningkatan kemapuan TOEFL menjadi mutlak dalam terutama Bahasa Inggris yang akan digunakan sebagai Bahasa sehari-hari.

Dalam obrolannya, kepala SMA Negeri 1 Jonggat, Dr. Dian Iskandar Jaelani, MA mengatakan bahwa kerja sama ini sangat penting sebagai upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia terutama bagi guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Jonggat. Kerja sama ini sekaligus respon sekolah atas salah satu program pemerintah NTB. Sebagaimana telah diketahui bahwa salah satu misi pemerintah NTB adalah “mewujudkan NTB Sehat dan Cerdas”, Pemerintah NTB ingin melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah. Salah satu caranya terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan pendidikannya melalui pemberian beasiswa sampai NTB akan memiliki 1000 cendikia. Beasiswa sangat tepat jika diberikan kepada guru-guru dan tenaga kependidikan, demikian yang diutarakan direktur LPPNTB, Irwan Rahadi, MSc. Beasiswa kepada guru dan tenaga kependidikan secara langsung menyentuh akar permasalahan keterbelakangan dan kemiskinan di NTB. Pelayanan kepada peserta didik akan menjadi meningkat. Semangat kompetisi akan mendorong melakukan yang terbaik. Oleh sebab itu Irwan Rahadi, M.Sc mengapresiasi SMA Negeri 1 Jonggat yang menjadi mitra pertamanya di Lombok Tengah, dan berjanji untuk memberikan pelayanan yang terbaik.(zar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *