Pembelajaran Cacing Nyale

Bagikan artikel ini ke:

Pada hari Sabtu tangal 21 November 2020 telah diadakan tes pengetahuan cacing Nyale. tidak kurang dari 100 orang peserta didik SMA Negeri 1 Jonggat memenuhi Aula Insan Cendikia SMAN 1 Jonggat yang terdiri dari 50 peserta didik kelas X dan masing-masing 50 peserta didik lainya berasal dari kelas XI dan XII. Mereka menjawab soal-soal tersebut dengan serius dan penuh semangat.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama MGMP mata pelajaran Biologi Lombok dengan Universitas Mataram. Menurut Hj Fitratulail, M.Pd, koordinator MGMP devisi Lombok Tengah, kegiatan seperti ini dilakukan di beberapa sekolah dan salah satunya di SMA Negeri 1 Jonggat. Sesuai perencanaan kegiatan pembelajaran tentang cacing Nyale terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pertama, pretes. Kedua, pemberaian materi (dril) dan ketiga, post test. Selama 3 hari setelah pretes, anak didik ditugaskan untuk menyelesaikan membaca dan memahami modul yang telah diterima peserta didik. sedangkan postest dialakukan pada hari Rabu tanggal 25 November 2020

Lebih lanjut Hj. Fitratulail menjelaskan bahwa Kerjasama ini disamping untuk menambah pengetahuan bagi anak didik SMA Negeri 1 Jonggat tentang cacing Nyale, juga sebagai persiapan even Bau Nyale. Bau Nyale sebagai ikon Lombok Tengah. event biasanya dilaksanakn pada tanggal 14 Februari sebagai puncak kegiatan. Warga masyarakat yang datang dari berbagai daerah berbondong-bondong menagkap Nyale. event ini juga berisi kegiatan yang beraneka ragam untuk memeriahkannya. bukan hanya pada hari H sebagai puncak acara juga biasanya banyak kegiatan sebelum dan sesudahnya.

Tahun 2021 akan menjadi tahun yang sangat penting bagi Lombok Tengah. Disamping event Bau Nyale juga akan ada perhelatan akbar, yaitu even motoGP. Korelasi kedua event tersebut terletak pada event keduanya sangat penting dan menjadikan Lombok Tengah menjadi daerah yang akan mendapat perhatian masyarakat, lokal dan mancanegara. Lombok Tengah dengan daeerah yang telah memilih Bau Nyale sebagai event khas daerah akan terus diperbincangkan. telah terbukti menyedot banyak pengunjung dari berbagai daerah termasuk dari luar daerah. Even motoGp juga akan semakin menambah kemasyhuran Lombok Tengah, dimana sebelumnya Lombok Tengah hanya dikenal melalui even Bau Nyale akan semakin masyhur hingga ke mancanegara melalui even motoGP. Dan boleh jadi keduan even tersebut dilaksanakan secara bersamaan, tentunya pembahasan tentang event akan menyedot perhatian banyak orang. Akan banyak sekali mnucul pertanyaan seputar Bau Nyale pada hari even motoGP, yang merupakan bagian dari profil Lombok Tengah

Sebagai warga Lombok Tengah seyogyanya mempersiapkan diri dengan memiliki pengetahuan tentang Legenda Bau Nyale dan Nyale itu sendiri. Kerja sama ini diharapkan memberi pengetahuan tentang cacing Nyale kepada anak didik. dengan bekal ini diharapkan pengetahuan tentang Bau Nyale diharapkan juga dapat diimbaskan ke orang lain.(zar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *