PENGEMBANGAN AGRICULTURE DI SMA NEGERI 1 JONGGAT

Bagikan artikel ini ke:

Jonggat-Melengkapi keasrian, SMA Negeri 1 Jonggat telah menjalin kerja sama dengan SMKPP Negeri Mataram dalam mengembangkan agriculture (kepertanian). Penandatangannya dilakukan di SMKPP Negeri Mataram pada hari Sabtu tanggal 18 Oktober 2020.

Kerja sama ini merupakan respon SMA Negeri 1 Jonggat atas program unggulan Dikbud NTB, sister school. Program sister school mendorong program-program unggulan sekolah SMKPP Negeri Mataram dapat diterapkan pada sekolah mitra. Bentuk kerja sama SMA Negeri 1 Jonggat dengan SMKPP Negeri Mataram meliputi pertukaran pendidikan, latihan dan pendampingan yang melibatkan guru, siswa dan masyarakat sekolah yang lebih luas. Bentuk riilnya berupa pertukaran siswa, kunjungan guru dan siswa, pengembangan pembelajaran yang relevan, pendampingan pengelolaan penanaman tanaman dengan system hidroponik, mengembangkan ekstrakurikuler dan pertandingan persahabatan dan pengembangan manajemen dan leadership sekolah. Pengembangan tersebut akan dititip melalui mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan.

Kepala SMKPP Negeri Mataram, Sugiarta, S.Pd., M.Pd., M.Si menyambut gembira kerja sama dengan SMA Negeri 1 Jonggat. Menurutnya, kerja sama antara dua sekolah merupakan awal yang baik. Program-program SMKPP Negeri Mataram dapat dilihat dan dipelajaran oleh pihak SMA Negeri 1 Jonggat. Bahkan, dipersilahkan kepada pihak SMA Negeri 1 Jonggat untuk memanfaatkan fasilitas SMKPP Negeri Mataram yang ada demi kebermanfaatan kerja sama.

Dalam pembicaraan tersebut disrankan agar SMA Negeri 1 Jonggat bukan hanya mengembangkan hidroponik saja, tetapi dapat melakukan inovasi-inovasi lebih luas, seperti memanfaatkan sampah-sampah organic maupun non-organik. Sampah organik dapat dibuat menjadi kompos dan sampah non-organik dapat dimanfaatkan sebagai wadah pengembangbiakan tanaman-tanaman. Seperti menjadikannya bekas gelas minuman menjadi pot portable. Lebih lanjut, SMA Negeri 1 Jonggat dapat menjadi salah satu sekolah yang memperkuat ketahanan pangan, setidaknya siswa akan dibekali meanset bahwa pertanian juga mode anak-anak milenial. Siswa tidak perlu rendah diri dan minder mengeluti pertanian. Siswa dapat sukses lewat pertanian. Kepala SMA Negeri 1 Jonggat Dr. Dian Iskandar Jaelani, MA sangat berterima kasih atas sambutan civitas SMKPP Negeri Mataram. Lebih-lebih dalam waktu dekat pihak SMKPP Negeri Mataram akan segera berkunjung ke SMA Negeri 1 Jonggat untuk melihat potensi-potensi yang dimiliki untuk dapat dikembangkan.(zar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *