MPLS DARING SMA NEGERI 1 JONGGAT 2020

Bagikan artikel ini ke:

Jonggat- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik SMA Negeri 1 Jonggat berlangsung lancer tanpa kendala, penuh semangat. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut mulai hari Selasa 22 Juli hingga hari Kamis tanggal 24 Juli 2020

MPLS tahun ini sangat berbeda dengan MPLS tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu, sekolah disi hiruk pikuk baris-berbaris dan upacara, tahun ini, peserta didik mengikutinya dari rumah masing-masing, akibat aturuan BDR atau Belajar Dari Rumah. Sebagaimana diketahui bersama, BDR yang ditetapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB telah memaksa untuk menghidari kegiatan-kegiatan yang bersifat kumpul-kumpul, termasuk MPLS dan kegiatan pembelajaran tatap muka. Pada tahun ini MPLS menggunakan media jaringan (daring) memanfaatkan whatshapp dan youtube sebagai alat komunikasi. Peserta didik baru menonton materi lewat youtube setelah mereka mendapatkan jadwal tayang masing-masing materi yang telah dibagikan via whatshapp. Setiap peserta didik diharuskan login setiap hari dan memberi feedback/tanggapan setiap materi, sekaligus sebagai bukti kehadiran mereka. Mereka terlihat senang dan ceria mengikutinya dilihat dari komentar-komentarnya yang positif. Dan tingkat partisipasinya sekitar 99%.

Hal yang berbeda juga pada MPLS tahun ini adalah disi oleh narasumber sesuai kualifakasi dan bidangnya. Seperti materi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan SMA di NTB Masa Pandemi Covid-19 oleh kepala Dinas Dikbud NTB, Antisipasi Penyebaran dan Penaggulangan Covid-19 diisi kepala BNPB NTB, Pencegahan dan Penyalahgunaan NAPZA di Kalangan Remaja oleh kepala BNN NTB. Hal ini semakin menyemarakkan MPLS tahun pelajaran baru 2020/2021.

Beberapa kendala yang ditemukan dapat segera diatasi, seperti proses perekaman, editing dan aploud. Rata-rata proses ini baru pertama dilakukan, menyebabkan molornya waktu dimulai MPLS yang seyogyanya dimulai pada hari Senin, 21 Juli 2020 diundur menjadi hari Selasa, 22 Juli 2020. Kendala juga ditemukan pada peserta didik yang tidak memiliki alat komunikasi android sebagai media menonton materi lewat youtube. Kendala-kendala ini menjadi bahan evaluasi perbaikan pelaksanaan MPLS di masa yang akan dating

Selamat datang peserta didik baru. Selamat belajar di SMA Negeri 1 Jonggat, semoga menjadi anak bangsa yang beriman berilmu untuk dapat mengamalkanya di kehidupan sehari-hari (zar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *